Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Kebun Binatang Kota Bandung di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ihsan Ratma Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung
  • Novya Romania Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung
  • TB Mochammad Hikmat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59223/padj.v1i1.7

Keywords:

Digitalisasi, Pelayanan, Kebun Binatang, Pandemi

Abstract

Di masa pandemi Covid-19, masyarakat membutuhkan hiburan guna meningkatkan imunitas agar tidak mudah terkena virus tersebut. Di masa new normal pergi ke tempat destinasi wisata alam merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau nama asli dari virus Corona merupakan suatu jenis variant baru dari Coronavirus yang dapat menular. Virus ini dapat menyerang siapa saja, baik dari yang berusia muda, dewasa hingga lanjut usia bahkan wanita yang sedang hamil. Dengan berpergian ke  tempat  wisata  setelah  sekian  lama  berdiam diri  di  rumah  akibat  kebijakan pemerintah mengenai kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya akan menghilangkan kejenuhan. penulis akan menggunakan metode penelitian literature review. Dengan mencari berbagai sumber bacaan yang relevan kemudian diolah lalu dijadikan kesimpulan dan saran. Tiket online menjadi salah satu inovasi di masa pandemi Virus Covid-19, dengan adanya tiket online pengunjung tidak memerlukan tiket kertas dan tidak perlu mengantri di loket tiket.

References

Adijaya, O., & Bakti, A. P. (2021). Peningkatan Sistem Imunitas Tubuh Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 51–60

Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809

Feldman, T. (1997). An Introduction to Digital Media. London: Routledge.

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2(3), 801–814.

Indrajit, Richardus Eko, 2002, Electronic Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, ANDI, Yogyakarta.

Irianto, K. (2012). Anatomi dan fisiologi. Bandung: Alfabeta.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan( Field Trip) (Penelitian Tindakan di Kelompok BPAUD terpadu Bintuhan Bengkulu tahun 2015). Pendidikan Usia Dini, 9(2), 272. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3505

Lyubomirsky, S., Kasri, F., & Chang, O. (2002). Ruminative style and delay of presentation of breast cancer symptoms. Manuscript in preparation.

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 333–346.

Relations-jpr, J. P. (2020). Strategi Humas Dalam Menyampaikan Informasi Terkait Eksistensi Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Public Relations-Jpr, 1, 97–101.

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus. Administrative Law & Governance Journal, 3(2), 240–249.

Sampara Lukman. 2011. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA LAN Press.

Saputra, G. W. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Bina Administrasi (JBA), VI(01), 16–30. https://stiabandung.ac.id/wp-content/uploads/2020/08/Isi-V6-N1-2.pdf

Septiani, Ayuda. (2020). 4 Istilah Virus Corona dan Artinya, Klaster hingga Airborne. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5087972/4-istilah-virus-corona-dan-artinya-klaster-hingga-airborne. diakses pada 10 Januari 2022.

Setyaningrum, D. A. W. (2020). Pentingnya olahraga selama pandemi COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(4), 166–168. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.166-168

Suparto, Peni, 2006, Implementasi E-Government Melalui Pembangunan Jaringan “Malang Online”, Disampaikan pada Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, Bandung.

Tania, F. F., Ramadhan, F., Putri, I. S., & Triani, F. (2021). Edukasi bahaya covid-19 daerah pedesaan di era new normal. Journal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 36.

Widiatmojo, R. (2018). Analisis Semiotik Kebun Binatang Dalam Photobook Berjudul Wildtopia. Jurnal Sosial Politik, 4(2), 108. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.6791

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Dinata, I. R., Romania, N., & Hikmat, T. M. (2023). Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Kebun Binatang Kota Bandung di Masa Pandemi Covid-19. Public Administration and Development Journal, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.59223/padj.v1i1.7